Berapa banyak latihan?



Latihan tidak dapat lagi dibantah merupakan hal yang sangat-sangat penting. Lalu pertanyaan selanjutnya: seberapa banyak latihan yang dibutuhkan seseorang agar dapat mencapai tingkat mahir dalam sebuah keahlian?salah satu jawaban yang paling menarik dan terukur diberikan oleh Ericsson bersama rekan-rekan penelitianya. Dalam penelitian yang ia lakukan terhadap pemain biola di sekovah musik tersebut, didapati bahwa pemain pertaman yang berisi pemain bintang sejak kecil hingga berusia dua puluh tahunan telah mengahabiskan waktu berlatih hingga sepuluh ribu jam.

Sedangkan, pemain yang masik kedalam kelompok kedua, pemain dengan kemapuan biasa, beratih sekitar delapan ribu jam. Kelompok ketiga yang ingin menjadi guru di sekolahnegri hanya mengahbiskan waktu emapat ribu jam saja.

Begitu juga yang Ericsson temukan pada pemain piano profesional dan amtir yang ia teliti. Pemain piano amatir tidak pernah berlatih lebih dari dua ribu jam hingga umur dua puluh tahun. Sebaliknya, pemain piano profesinal yang secara konsisten meningkatkan jam latihanya dari tahun ke tahun, menjalani masa latihan hingga lebih dari sepuluh ribu jam.

Dari penelitian tersebut, muncul sebuah kesimpulan bahwa seseorang untuk menguasai sebuah keahlian perlu menghabiskan waktu hingga sepuluh ribu jam. Hal itu dilakukan agar mereka menjadi seorang ahli kelas dunia. Latihan dengan waktu sepuluh ribu jam dibutuhkan dalam bidang apapun. Seorang pemain sepak bola, penulis, pemain bulu tangkis, petinju, pianis, pemain basket bahkan penjahat kelas kakap pun melewati angka sepuluh ribu jam untuk menjadi sukses. Daniel Levtin, serang ahli saraf, mengatak sepertinya otak memerlukan waktu sepanjang itu untuk menyerab semua yang dibutuhkanuntuk menhadi seorang ahli di bidangnya.

Sepuluh ribu jam seakan-akan menjadi angka ajaib untuk mencapai sebuah kesuksesan. Banyak contoh lain mengenai teori “sepuluh ribu jam” ini. Sebut saja mozart yang sudah menulis musik sejak umur enam tahun. Karya-karyanya saat masih anak-anak tidak begitu luar biasa. Mozart baru menghasilkan karya yang luar bisa setelah menulis lagu-lagu selama dua puluh tahun.

Dalam buku outliers juga dikatakan bahwa pemain catur kelas dunia membutuhkan waktu selama sepuluh tahun. Jika dihitung, sepuluh tahun itu kurang lebih sama dengan sepuluh ribu jam.

Angka sepuluh ribu jam bisa dikatakan sebagai patokan bagi seorang yang ingin mengasah diri menjadi seorang yang ahli. Menurut penulis, angka sepuluh ribu jam menjadi rumus sukses bagi seseorang.

Atas pijakan kaki, 13 desember 2015.
Tetsuya Arashi.
Previous
Next Post »